Jumat, 04 Maret 2011

Robot Boe-Bot

Robot Boe-Bot® dibangun di atas chassis aluminium yang dibuat khusus, dimana pada chassis tersebut, kita dapat menempatkan motor servo dan PCB secara mudah. Sejumlah slot dan lubang disediakan untuk memudahkan memasang perangkat tambahan. Roda belakang menggunakan sebuah bola plastik, sementara roda sisi menggunakan roda plastik yang dipasangkan pada poros motor servo.

Otak dari Robot Boe-Bot® adalah mikrokontroler BasicStamp2. Robot dapat diprogram untuk mengikuti sebuah garis (line follower), mengikuti cahaya (light follower), atau menjelajah ruang secara otomatis, dan dapat menghindar penghalang di depannya.

Bila telah mahir, kita dapat mengembangkan kemampuan robot Boe-Bot®. Ada sejumlah asesoris dan sensor yang bisa ditambahkan, seperti sensor ultrasonik, sensor akselerasi, sensor temperatur, dan sebagainya.

Robot Boe-Bot® dapat digunakan untuk memuaskan hobby atau praktek robotika dalam program ekstra kurikuler di sekolah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Boe-Bot® dan kelas pelatihan terkait, silahkan menghubungi NEXT SYSTEM Robotics Learning Center, melalui telepon (022) 4222062 atau email: info@nextsys.web.id.

Robot Scribbler

Parallax, Inc yang berkedudukan di Rocklin California, adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan pendidikan. Untuk memperluas market share di bidang robot pendidikan dan melengkapi jajaran produk robot yang telah ada, Parallax, Inc bekerjasama dengan Element Products membuat sebuah konsep dan spesifikasi yang lengkap untuk produk Robot Scribbler.

Scribbler merupakan robot yang dapat diprogram dan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran robotika dan pemrograman, di rumah maupun di sekolah. Di dalamnya terdapat sejumlah sensor, seperti: sensor cahaya, sensor untuk menghindar penghalang, sensor stall dan sensor penjejak garis.

Pemrograman dapat dilakukan melalui software yang disertakannya, baik berbasis grafis (GUI) maupun teks. Dengan demikian, pemakai dengan berbagai tingkat kemampuan bisa memprogramnya dengan mudah. Robot Scribbler disarankan untuk usia 8 tahun ke atas.

Berikut adalah spesifikasi dari Robot Scribbler:

  • Mikrokontroler BASIC Stamp® 2
  • Tiga buah sensor cahaya
  • Satu pasang pemancar dan penerima infrared untuk melihat objek di depan robot
  • Satu pasang infrared line sensor
  • Dua buah motor DC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar